welcome to my blog :)

blog ini awalnya cuma tugas sekolah, tapi lama-lama jadi bahan curhatan atau pikiran gue hehe^^'

Minggu, 25 September 2011

Tahukah Kamu?

BIG BEN
Big Ben adalah nama yang sudah sangat terkenal. Nama ini merujuk pada sebuah menara jam yang terletak di Gedung Parlemen di Westminster, London, Inggris Raya,dan merupakan menara jam terbesar kedua di dunia. Jam ini terletak di timur laut dari Rumah Parlemen di Westminster, London. Asal-usul nama Big Ben sebenarnya adalah nama kecil dari lonceng yang terletak di dalamnya (dulunya itu namanya adalah Great Bell). Menara ini juga dikenal dengan nama The Tower of Big Ben, atau secara tidak tepat, Menara Santo Stephen.









Struktur Menara
Menara ini dibangun sebagai bagian dari rencana pembangunan istana baru oleh Charles Barry, setelah Istana Westminster yang lama telah hancur akibat kebakaran pada malam 22 Oktober 1834. Menara ini tingginya 96,3 meter dan dibangun dengan gaya Gothik Victoria. 61 meter di bawah jam terbuat dari bata yang dilapisi oleh batu, sedangkan puncak menara ditopang dengan rangka besi yang dibuat dari besi leleh. Menara ini dibangun di atas tanah berukuran 15 meter kali 15 meter, fondasinya terbuat dari beton setebal 3 meter, pada kedalaman 4 meter di bawah permukaan tanah. Semua sisi jam tingginya 55 meter dari atas tanah. karena berubahnya kondisi tanah sejak pembangunannya, Menara Big Ben sedikit miring ke barat laut kurang lebih 220 milimeter, menara ini miring setiap tahun ke arah tmur dan barat dikarenakan efek thermal.





Struktur Jam
Jam ini sangat besar sehingga menara ini pernah dijadikan sebagai menara jam berwajah empat terbesar, namun rekor ini akhirnya dipegang oleh Menara jam Allen-Breadley di Milwaukee, Wisconsin. Namun, sang arsitek tidak memasang bel pada jam tersebut, sehingga Big ben memegang rekor sebagai Menara jam empat sisi terbesar dengan lonceng.
Jam dan Lonceng Big Ben didesain oleh Augustus Pugin. Jam ini diletakan padasebuah kerangka besi berukuran 7 meter, ditopang dengan 312 kepingan kaca opal, sehingga mirip seperti jendela berwarna. Beberapa keping gelas kemungkinan dibuang untuk pemeriksaan. Loncengnya dilapisi seluruhnya dengan emas. Di bagian bawah jam, di setiap sisi jam, terdapat tulisan Domine Salvam Fac Reginam Nostram Victoriam Primam, yang dalam bahasa Indonesia berarti: Oh Tuhan, Lindungi RatuVictoria yang Pertama.



Muka Big Ben kalo malem yang demi apapun bagus bangeeet :')


Tidak ada komentar:

Posting Komentar